Friday, May 15, 2015

GAYA HIDUP BAHAGIA ITU .....

GAYA HIDUP
Rumahc.blogspot.Com: Jalan raya makin macet dan makin banyak orang tidak mau antri adalah dua pertanda tidak baik. Hal yang tidak baik di jalan raya adalah “cermin” masih banyaknya jumlah keluarga yang tidak baik. Lalu, apa dong tanda keluarga yang baik?.

Pembaca yang berbahagia,

Menurut hadis Nabi, ada Lima Tanda Keluarga Yang Baik  atau Bahagia

  1. 1.  Cenderung kepada agama/dien (gaya hidup Islami)
  2. 2.  Yang muda hormati yang tua
  3. 3.  Pergaulannya lemah lembut
  4. 4.  Gaya hidupnya sederhana
  5. 5.  Introspeksi dan bertobat jika bersalah (HR Ad-Dailami)

Keluarga yang cendrung pada gaya hidup islami itu lebih sabar di jalan raya,  lebih rapi, dan berbaris antri. Mereka bertawakkal bahwa rezekinya tidak akan tertukar diserobot orang hanya karena berebutan ingin duluan di jalan. Keluarga yang baik pun  menghormati orang yang lebih tua, termasuk di jalan raya. Mereka itu  mendahulukan orang yang lemah dan menghormati yang lebih tua.

RUJUKAN HADIS


"Apabila Allah menghendaki sebuah keluarga menjadi keluarga yang baik, maka Allah memberikan mereka: kecenderungan senang mempelajari ilmu-ilmu agama, yang muda-muda menghormati yang tua-tua, Pergaulannya Lemah lembut, gaya hidupnya sederhana, menyadari kekurangan/introspeksi diri dan bertobat. Jika Allah tidak menghendaki demikian, maka mereka dibiarkan tanpa hal-hal tersebut”
(HR Ad-Dailami)

Pustaka


2009. Yani, Ahmad. Panduan Memakmurkan Masjid. Depok: Al-Qalam Kelompok Gema Insani Press.